Penuhi Kebutuhan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat Melalui Program Pamsimas

By Fadli 18 Okt 2019, 06:19:58 WIB

Penuhi Kebutuhan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat Melalui Program Pamsimas

Banggai Laut, Pelatihan Penguatan Aparat Pemerintah Desa dan Kecamatan dibuka secara langsung oleh Bupati Banggai Laut, Drs. H. Wenny Bukamo di Hotel Carabella Banggai, Kamis (17/10/2019). Kegiatan ini mengangkat tema Integrasi PJM Proaksi dan RKM ke dalam RPJM Desa dan RKPDESA.

Kementerian Dalam Negeri melalui Dinas PMD dan P3A,  Kabupaten Banggai Laut berperan dan bertanggungjawab dalam pencapaian kinerja program Pamsimas dengan memfasilitasi desa lokasi Pamsimas agar tercapai 80 % pemerintah desa memiliki RPJM desa dan RKP desa yang telah mengintegrasikan PJM proaksi, dan 80% pemerintah desa merealisasikan APB desa untuk kebutuhan anggaran bidang air minum dan sanitasi.

Kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan air minum dan sanitasi bagi masyarakat di desa dalam mewujudkan universal  akses. Berkaitan dengan ini, pemerintah telah melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana air bersih di beberapa desa yang ada di wilayah Kabupaten Banggai Laut, selanjutnya akan dibangun lagi di desa-desa lain untuk menjamin ketersediaan dan manajemen air bersih serta sanitasi yang berkelanjutan untuk semua.

Masing-masing perwakilan desa dan kecamatan menjadi peserta dalam pelatihan ini. Diharapkan para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik karena saat ini tuntutan masyarakat terhadap Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Desa terus meningkat namun tidak berbanding lurus dengan kemampuan dan upaya-upaya yang dilaksanakan.

“Dengan pelatihan ini, apalagi diintegrasi dengan program-program desa, sekiranya menjadi penting buat kita supaya ada kesinambungan antara program-program yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Pusat dengan apa nanti yang dilakukan oleh desa, saya kira poinnya disitu,” ucap Bupati. (Humas & Protokol Kabupaten Banggai Laut)

View all comments

Write a comment

Input Kode :