Wakil Bupati Buka Pelatihan Snorkeling dan Kelompok Masyarakat Sadar Wisata

By Administrator 27 Nov 2017, 06:52:39 WIB

Wakil Bupati Buka Pelatihan  Snorkeling dan Kelompok  Masyarakat Sadar Wisata

Banggai Laut,  Wakil Bupati (Wabup) Banggai Laut membuka kegiatan pelatihan snorkeling dan kelompok masyarakat sadar wisata di Desa Pasir Putih,  Kecamatan Banggai,  Jumat (24/11). Kegiatan tersebut digelar Dinas Pariwisata sebagai bentuk mendorong peningkatan kesadaran masyarakat di sektor unggulan tersebut.

Wabup menyampaikan, Kabupaten Banggai Laut memiliki wilayah laut yang lebih luas dari daratan, sehingga menjadikan daerah ini memiliki kawasan wisata.  Karena itu,  butuh pengembangan terhadap potensi-potensi tersebut. "Sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) merupakan faktor utama dan strategis bagi tercapainya keberhasilan pembangunan suatu daerah," jelasnya.

SDM yang kuat dan berdaya saing dalam berbagai bidang, kata Wabup, akan mendukung peningkatan percepatan pembangunan daerah, termasuk diurusan pariwisata. "Untuk menjawab tantangan global pembangunan pariwisata, pengembangan SDM harus ditekankan pada penguasaan kompetensi yang terfokus pada suatu bidang tertentu, yang pada gilirannya akan mampu meningkatkan daya saing terutama antar kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah," terangnya.

Wabup menguraikan, konsep sadar wisata menggambarkan partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif dalam pengembangan kepariwisataan. "Ada berbagai unsur berkembangnya pariwisata yaitu keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, keindahan. Sedang implementasi dari pesona pesisir terciptanya lingkungan yang bersih, aman, tertib dan memberikan layanan teratur dan efektif bagi wisatawan," tuturnya.

Menurut Wabup,  objek wisata yang  dimiliki daerah ini sangat luar biasa dan mempesona jika kita mampu menjaga dan mengembangkan. "Tempat wisata yang cantik hendaknya kita syukuri dengan cara pengelolaan yang lebih profesional, sehingga dapat menjadikannya tujuan para pengunjung baik domestik maupun internasional," katanya.

Wabup menilai,  kegiatan sadar wisata ini dapat ditindaklanjuti secara baik bagi masyarakat dan pengelola objek wisata maupun instansi pemerintahan.

Saat ini, kata dia, mungkin sebagian masyarakat telah sadar atau mulai menunjukkan kesadaran akan potensi wisata yang dimiliki. Hal itu terlihat dalam bentuk dukungan dan apresiasi besar terhadap pelatihan sadar wisata yang dilaksanakan. "Namun secara substansi, kiranya belumlah berada pada taraf yang memuaskan," tegasnya.

Karena itu,  kegiatan sadar wisata ini sangatlah baik, yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata, membantu memberantas kemiskinan, dan membuka lapangan pekerjaan. "Para wisatawan lokal maupun mancanegara akan datang berkunjung ke suatu daerah apabila daerah itu aman, nyaman dan kondusif. Industri pariwisata dapat menjadi tulang punggung perekonomian untuk meningkatkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Sehingga melalui program sadar wisata, dia mengharapkan kesadaran masyarakat lebih memahami pentingnya sadar wisata dan menerapkan secara serius dan sungguh-sungguh agar dapat menjadikan Kabupaten Banggai Laut menjadi tempat tujuan wisata bagi warga masyarakat banyak. (*)

View all comments

Write a comment

Input Kode :

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir