SOSIALISASI ADD KABUPATEN BANGGAI LAUT TAHUN 2018

By Fadli 18 Sep 2018, 08:10:35 WIBBANGGAI LAUT

SOSIALISASI ADD KABUPATEN BANGGAI LAUT TAHUN 2018

Banggai Laut- Sosialisasi seperti ini adalah merupakan hal yang penting sekali mengingat sampai saat ini masih ada keluhan-keluhan, hambatan-hambatan, kendala-kendala yang kita hadapi terutama dalam pengelolaan dan pertanggungjawabannya tentang Dana-dana Desa yang telah Pemerintah wujudkan.

Karena banyaknya kendala, hambatan dan ketidak pahaman sehingga saya melihat sosialisasi ADD dan DD penting untuk kita semua ikuti, paling tidak kita telah merespon apa yang menjadi kegiatan Pemerintah Pusat.

Kebijakan alokasi Dana Desa ditujukan untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Melalui Pengelolaan Tata Pemerintahan Desa sehingga apa yang menjadi keinginan masyarakat, apa yang menjadi aspirasi masyarakat dapat diwujudkan oleh Pemerintah Desa terutama Kepemimpinan Kepala Desa.

Dana Desa sampai sekarang ini hasil evaluasi Pemerintah Pusat belum sebagaimana yang kita harapkan ini berarti masih ada kelemahan-kelemahan ditingkat tataran elaksanaan terutama di Desa-desa. Kemudian belum ada sinkronisasi di Kabupaten ini bisa kita lihat dengan program kegiatan yang tumpang tindih ada yang seharusnya dilaksanakan oleh Pemerintah Desa didorong ke Pemerintah Kabupaten, ada yang bisa dilaksanakan oleh Pemerintah Desa diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten itu yang mengakibatkan kurangnya singkronisasi.

Kita harapkan nanti dalam pelaksanaan program dan kegiatan senantiasa bisa sinkron itu sebabnya kita laksanakan Musrenbang. Musrenbang yang kemarin kita turun langsung ke Kecamatan-kecamatan turun langsung ke Desa-desa agar aspirasi dapat kita rangkum semua dan dapat kita pila-pila apa yang menjadi kewenangan Desa dan apa yang menjadi kewenangan Kabupaten.

Saya minta kepada kita semua dalam memulai kegiatan-kegiatan dalam rangka tahun politik 2018-2019 sudah sepantasnya dari tingkat Desa mengatur segala sesuatunya jangan sampai ada gesekan-gesekan sekecil apapun, Deteksi Dini, Cegah Dini dan Lapor Dini kalau ada hal-hal yang berpotensi menjadi gesekan tolong diselesaikan jangan ditundah-tundah dimusyawarahkan. Perlu dilakukan langkah-langkah antisipatif komunikasi yang baik liat perkembangan-perkembangan yang ada dimasyarakat. Minimalkan hal-hal yang berpotensi konflik terutama aparat semua harus netral.

Kepala Desa kalau ada yang berkeinginan menjadi Legislatif silahkan itu hak politik setiap warga negara. Siapa saja yang terjun kedunia politik silahkan semua ada mekanismenya, semua ada aturannya, saya yakin semua Kepala Desa di Banggai Laut ini setia pada profesinya dan senantiasa memegang teguh amanat yang diberikan masyarakatnya.

Jangan sampai ada Kepala Desa yang terpengaruh atau mau diseret-seret kearah politik ini akan menyulitkan saudara sekalian,paling enak sekali kalau indefenden atau neteral.

Kades-kades harus berprestasi harus jadi Desa yang terbaik pengelolaan Anggaran Dana Desa yang terbaik atau tepat waktu selalu mari berlomba merapikakn manajemen Pemerintahan Desa, Manajemen Keuangan Desa. Baca aturan-aturan yang perlu dipedomani paling tidak didiskusikan dengan Perangkat Desa. Kepala Desa harus membimbing Sekertaris Desa sebagai patner agar terbiasa untuk mengelola Pemerintahan dan Manajemen Keuangan Desa karena salah satu tolak ukur untuk mengetahui Para Kepala Desa berprestasi atau tidak. (Humas & Protokol)

View all comments

Write a comment

Input Kode :