Pemda Gelar Rakor Kesiapsiagaan Penganggulangan Bencana Alam

By Fadli 10 Jan 2020, 14:08:10 WIB

Pemda Gelar Rakor Kesiapsiagaan Penganggulangan Bencana Alam

Banggai Laut, Rapat Koordinasi Kebencanaan dibuka oleh Pj. Sekretaris Daerah, DR. Idhamsyah, SH, M.Si,  di Ruang Rapat Kantor Bupati Banggai Laut, Kamis (9/1/2020). Rapat ini dihadiri oleh Asisten I, Kapolres, Kalak BPBD serta para pimpinan OPD.

Rapat tersebut diselenggarakan dalam rangka kesiapsiagaan, mitigasi dan kewaspadaan terhadap berbagai kejadian bencana alam yang sudah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, sehingga perlu diketahui oleh unsur pihak-pihak terkait.

Pj. Sekda menyampaikan imbauan dari Presiden Joko Widodo, yang pertama melibatkan akademis atau peneliti terhadap bencana untuk menentukan titik-titik rawan yang mana saja yang harus segera diperhatikan. Yang kedua harus merencanakan titik kumpul tidak bertentangan dengan perencanaan tata ruang yang ada. Yang ketiga, ketika terjadi bencana Komandan Satgas adalah Kepala Daerah dan Wakil Komandan Satgas termasuk Kapolres, Dandim dan Forkopimda lainnya. Yang terakhir yaitu, memberikan edukasi bencana.

“Kebencanaan ini harus melibatkan semua tokoh, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pendidik. Mereka bisa memberikan edukasi juga kepada masyarakat melalui kewenangan yang melekat pada setiap tokoh itu,” ucapnya. (Humas & Protokol Kabupaten Banggai Laut)

View all comments

Write a comment

Input Kode :