Pemda Banggai Laut Peringati Hari Lingkungan Hidup

By Fadli 01 Nov 2019, 13:48:53 WIB

Pemda Banggai Laut Peringati Hari Lingkungan Hidup

Banggai Laut, Pemerintah Kabupaten Banggai Laut ikut memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (1/11/2019). Sejumlah kegiatan digelar Dinas Lingkungan Hidup yang dipusatkan di Taman Kota Banggai, Kabupaten Banggai Laut.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sebenarnya jatuh pada 5 Juni setiap tahunnya. Namun, baru bisa dilaksanakan 1 November. Berbagai kegiatan dilaksanakan, yakni aksi pungut sampah, lomba mewarnai tingkat TK/PAUD, lomba baca puisi tingkat SMP/MTs, lomba pidato tingkat SMA/MA dan family gathering anggota Dharma Wanita di Kabupaten Banggai Laut. Kemudian ditutup dengan senam bersama di Taman Kota. 

Peringatan Hari Lingkungan Hidup ditutup langsung Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Laut, Dr. Idhamsyah, SH, M.Si. Pj Sekda membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr.Ir. Siti Nurbaya, MSc. 

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini ditandai dengan peringatan dari World Health Organization (WHO) tentang salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu polusi udara.

WHO menyatakan setiap tahun 7 juta orang meninggal karena polusi udara. Di seluruh dunia tercatat bahwa 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaraan bermotor, industri, pertanian dan pembakaran sampah. Sehingga tidak heran jika United Nation Environment mengangkat tema Kendalikan Polusi Udara (Beat Air Pollution) untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 2019 ini.

“Secara Nasional kita menggunakan tema dalam relevansi tersebut, yaitu Biru Langitku, Hijau Bumiku. Mengapa kita menggunakan tema tersebut? karena ternyata tema biru langitku menggambarkan upaya kita untuk mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi kita menjadi lebih hijau,” jelas Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Humas & Protokol Kabupaten Banggai Laut)

View all comments

Write a comment

Input Kode :