Indeks Kelola APBD, Banggai Laut Raih Penghargaan

By Fadli 03 Des 2019, 07:02:35 WIB

Indeks Kelola APBD, Banggai Laut Raih Penghargaan

Banggai Laut, Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut menerima penghargaan indeks kelola kinerja dan efektifitas pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2019. Penghargaan ini diterima oleh Wakil Bupati Banggai Laut, Drs. Hj. Tuty Hamid di Djakarta Theater XXI Cinema Crew, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Indeks kelola merupakan metode penilaian yang mengukur keberhasilan suatu daerah dalam mengelola APBD sehingga berdampak langsung pada masyarakat, baik di bidang Pendidikan, kesehatan kesejahteraan dan perekonomian. Kabupaten Banggai Laut terpilih sebagai kandidat daerah terbaik untuk kategori Outcome Pendidikan Kelompok 3 (tiga) dalam Indeks KELOLA (Kinerja dan Efektifitas Pengelolaan APBD).

Penghargaan ini diberikan berdasarkan tiga komponen penilaian yaitu administratif, kuantitatif dan kualitatif. Sebanyak 508 Kabupaten dan Kota dikelompokkan menjadi empat kelompok sesuai dengan besarnya APBD perkapita dan Indeks Pembangunan Manusia, sehingga dihasilkan 64 Pemerintah Daerah dengan indeks kelola yang tertinggi.

Ini menunjukkan bahwa tata kelola keuangan daerah semakin membaik. Terlihat juga dari pembangunan di kecamatan-kecamatan yang ada di Banggai Laut serta diraihnya WTP dalam dua tahun berturut-turut. (Humas & Protokol Kabupaten Banggai Laut)

View all comments

Write a comment

Input Kode :