HKN Tahun 2017 Berakhir

By Administrator 27 Nov 2017, 07:54:59 WIB

HKN Tahun  2017 Berakhir

Banggai Laut,  Seluruh rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN)  ke-53 tahun 2017 berakhir pada Minggu (27/11) malam.  Bupati Wenny Bukamo menutup kegiatan tersebut dengan dihadiri puluhan tenaga medis dari fasilitas kesehatan yang berada di Kabupaten Banggai Laut. 

Peringatan HKN tahun cukup semarak. Beberapa hari terakhir berbagai lomba digelar. Tadi malam,  di akhir kegiatan, Bupati Wenny  menyerahkan sejumlah hadiah kepada pemenang lomba. Kemudian penyerahan kendaraan operasional berupa sepeda motor kepada fasilitas-fasilitas kesehatan. 

Dalam sambutannya, Bupati Wenny mengapresiasi kegiatan yang mengusung tema gerakan masyarakat hidup sehat tersebut.  "Saya kira ini kegiatan yang baik,  momentum yang baik. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan semangat, motivasi, inspirasi kepada komunitas kesehatan untuk pelaksanaan tugas," tutur Bupati Wenny. 

Bupati Wenny menyatakan,  cukup banyak kegiatan yang digelar pada momen peringatan HKN yang memberikan edukasi.  Salah satunya lomba mencuci tangan.  "Ini sepintas lalu kita melihatnya hal sepele,  ternyata kegiatan itu kalau kita tidak edukasi kepada masyarakat akan berpengaruh terhadap kesehatan bagi masyarakat itu sendiri," katanya. 

Apalagi,  Bupati Wenny menuturkan,  kini telah terbit Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Inpres tersebut diharapkan tidak sekadar menjadi slogan, tetapi bisa diimplementasikan. "Sehingga memiliki makna dan arti bagi kehidupan kita," terangnya. 

Hingga saat ini,  lanjut Bupati,  Germas masih jauh dari harapan. Penyakit yang diakibatkan hidup kurang bersih masih ditemukan. Contohnya diare. "Diare itu akibat makanan yang kita konsumsi kurang bersih.  Belum lagi kalau kita bicara penyakit lain akibat gaya hidup kita yang kurang baik. Anak-anak kita kurang terkontrol," katanya. 

Penyakit yang dipicu karena minimnya kesadaran soal keberhasilan memang terkadang tidak langsung dirasakan. Tetapi,  kemudian "tertumpuk" dan menjadi penyakit yang parah.  Contohnya kanker.  "Ini tanpa kita sadari," ujar dia. 

Karena itu,  Bupati Wenny berharap,  gaya hidup sehat dan Germas terus dikampanyekan kepada khalayak.  Dengan begitu,  terdapat tindakan pencegahan sejak dini.  (*)

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. obat flek paru buat anak 02 Des 2017, 15:08:16 WIB

    happy long weekend http://goo.gl/uS5nwh http://goo.gl/jVoZh 4 http://goo.gl/kXL37b http://goo.gl/QCZskR http ://goo.gl/5EVUD8

    rental Mobil Surabaya 06 Des 2017, 09:39:25 WIB

    semoga sehat selalu

View all comments

Write a comment

Input Kode :

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir