Dinas Perikanan Gelar Seminar Kajian Kawasan Minapolitan

By Administrator 20 Nov 2017, 11:21:10 WIB

Dinas Perikanan Gelar Seminar Kajian Kawasan Minapolitan

Banggai Laut, Dinas Perikanan Kabupaten Banggai Laut menggelar seminar kajian kawasan minapolitan, Senin (20/11). Konsep minapolitan merupakan program yang memanfaatkan potensi sektor kelautan dan perikanan yang cukup besar. 

Minapolitan berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang muncul sebagai konsep pembangunan perikanan berbasis manajemen ekonomi kawasan dengan motor penggerak budidaya perikanan, yang diharapkan menjadi strategi utama, sebagai perwujudan dari tata kelola pemerintahan menuju paradigma good governance. Selain itu, program minapolitan yakni suatu konsep mengenai kegiatan perikanan yang berada di pedesaan dengan bentuk kegitan dari hulu hingga hilir yang didukung dengan sarana dan prasarana seperti layaknya di perkotaan.

Kawasan minapolitan yang menjadi sentra produksi perikanan, berpotensi untuk melayani dan mendorong kegiatan pembangunan di bidang perikanan, khususnya di wilayah Kabupaten Banggai Laut. Perkembangan kawasan minapolitan ini dapat dijadikan alternatif solusi dalam pengembangan kawasan perdesaan tanpa melupakan kawasan perkotaan. Dengan perkembangan minapolitan juga, diharapkan terjadi interaksi yang kuat antara pusat kawasan minapolitan dengan wilayah produksi perikanan ke dalam sistem kawasan.  Produk perikanan dari kawasan produksi akan diolah terlebih dahulu di pusat kawasan minapolitan sebelum dijual (ekspor) ke pasar yang lebih luas sehingga nilai tambah tetap berada di kawasan minapolitan.

Di hadapan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat, Bupati Wenny Bukamo melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum Azis Suludani, mengatakan, sumber daya kelautan memiliki keuntungan komparatif yang penting bagi perekonomian Indonesia, perdagangan nasional dan global.  Hal ini karena potensi kelautan kita yang luar biasa dan memiliki peluang pasar yang sangat bagus, baik pasar domestik maupun internasional. “ Ketersediaan dan kualitas serta potensi kelautan dan perikanan Indonesia sangat memadai dengan sumber daya yang sangat besar,” jelas Asisten I saat membuka seminar tersebut.

 

Lanjut Asisten I, dalam sebuah paradigma yang termaktub dalam desentralisasi dan otonomi daerah, menyebabkan perubahan yang fundamental dalam hubungan tata pemerintahan, di mana terjadi penambahan wewenang dan otonomi yang diserahkan kepada pemerintah daerah, salah satunya adalah  bidang kelautan dan perikanan. “Perubahan kebijakan ini tentunya akan diikuti dengan perubahan pembangunan ekonomi, yang semula terpusat menuju pembangunan regional,” katanya.

Konsep ini, kata Asisten I, bertujuan untuk melakukan percepatan pengembangan wilayah dengan perikanan sebagai penggerak utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Dalam pengembangan kawasan minapolitan merujuk pada adanya penguatan sinergi antara pertumbuhan ekonomi dan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta upaya penemuan teknologi ramah lingkungan yang dapat menjamin keberlanjutan lingkungan. Didalamnya diperlukan adanya perumusan strategi pengembangan ekonomi yang dapat mensejahterahkan masyarakat,” jelasnya.

Asisten I menjelaskan, kawasan minapolitan dapat dikembangkan sebagai kawasan dengan potensi perikanan yang tentunya melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Karena itu, diperlukan identifikasi lokasi potensial dalam sektor perikanan baik sebagai sentra produksi unggulan, lokasi pengolahan, maupun pasar ikan yang terintegrasi. “Kemudahan-kemudahan atau peluang yang biasanya ada di daerah perkotaan, perlu pula dikembangkan di daerah-daerah pedesaan, seperti prasarana, sistem pelayanan umum, jaringan distribusi bahan baku dan hasil produksi di sentra-sentra produksi,” paparnya.

Sebagai sentra produksi, lanjut Asisten I, daerah pedesaan diharapkan dapat berkembang sebagaimana daerah perkotaan dengan dukungan prasarana, energi, jaringan distribusi bahan baku dan hasil produksi, transportasi, pelayanan publik, akses permodalan, dan sumber daya manusia yang memadai.

Menurut Asisten I, terkait dengan potensi perikanan dari sisi pemanfaatan potensi sumber daya ikan, realisasi produksi perikanan Kabupaten Banggai Laut merupakan salah satu daerah di Sulawesi Tengah yang memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang tinggi. “Sehingga dengan seminar akhir kajian kawasan minapolitan ini, merupakan salah satu langkah pengembangan potensi kelautan dan perikanan di kabupaten banggai laut serta diperkuat dengan  adanya Undang – Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan  Ruang,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Asisten I berharap sektor perikanan dan pendukungnya terus menerus dikembangkan  secara keseluruhan, terutama bagi pengembangan kegiatan minapolitan yang lebih aplikatif dan menarik inovasi yang berorientasi pada perkembangan skala besar atau modern. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi dalam  pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan untuk mewujudkan Kabupaten Banggai Laut yang maju, aman, makmur dan sejahtera,” terangnya. (*)

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Obat Herbal Cacingan 25 Nov 2017, 11:15:46 WIB

    pengobatan mata rabun tanpa operasi - http://goo.gl/wFLCsW || pengobatan cacingan pada anak - http://goo.gl/TP8nkt || obat kanker nasofaring - http://goo.gl/HCH3cm || obat herbal telinga berair - http://goo.gl/Bkj5tW

    Souvenir Perusahaan 13 Des 2017, 10:35:39 WIB

    Adanya seminar seperti ini menunjukkan besarnya perhatian dari pemerintah untuk meningkatkan potensi perikanan di Indonesia. Namun yang namanya seminar pasti ada souvenir atau merchandise yang suka dibawa pulang oleh peserta seminar ya hehe sehingga selain ilmu, hiburannya juga bisa didapat

View all comments

Write a comment

Input Kode :

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • obat ulkus kornea

    ijin share gan > http://goo.gl/JpxeDn < semoga dapat bermanfaat ...

    View Article
  • obat haid tidak teratur

    produk herbal pelancar haid yang paling ampuh > http://goo.gl/7DnzCx ...

    View Article
  • Obat Rahim Kering Walatra Bersih Wanita

    kunjungi web kami > http://goo.gl/PoyfeJ | http://goo.gl/KTB8m1 | http://goo.gl/mqHAkD ...

    View Article
  • Obat Kista Ovarium Herbal

    terimakasih, informasinya sangat bermanfaat obat keputihan abnormal - http://goo.gl/y7wsqU ...

    View Article